Kebiasaan Positif untuk membangun Keluarga Bahagia dan Harmonis

Kebiasaan Positif untuk membangun Keluarga Bahagia dan Harmonis

http://www.hhal.org/wp-content/uploads/2016/05/bigstock-happy-family.jpg

Setiap ayah dan ibu akan menginginkan keluarga bahagia dan harmonis, baik itu pasangan baru menikah maupun mereka sudah lama membina rumah tangga dan memiliki anak-anak. Membangun rumah tangga bahagia itu susah dan gampang. Susah bagi yang tidak tahu ilmunya dan tidak mau belajar, gampang bagi mereka yang mau belajar dan berusaha untuk mencari tahu. Pahit manis rumah tangga pasti akan dilalui, tergantung bagaimana pasangan menjalani kehidupan rumah tangganya. Kunci utama untuk bisa membangun keluarga bahagia dan harmonis adalah pada diskusi, kolaborasi dan tanggung jawab antar anggota keluarga. Untuk mewujudkan hal tersebut lakukan hal rutin kebiasaan di rumah berikut:

Semua dimulai saat pagi hari

Pagi hari adalah waktu terbaik dan penting untuk memulai kehidupan dan beraktivitas, biasakan keluarga untuk bangun pagi dan memulai aktivitas bersama seperti beribadah, olahraga, sarapan atau sekedar bersih-bersih rumah dan tempat tidur. Saling berbagi jadwal kegiatan, tolong menolong atau mengingatkan hal-hal yang telah direncanakan sehari sebelumnya.

Menonton TV dan diskusi bersama

Menonton TV bersama adalah salah satu cara untuk bisa mengumpulkan anggota keluarga. Ketika menonton acara tv bersama kita bisa saling mengobrol, berbagai cerita dan bertukar pikiran mengenai acara yang sedang berlangsung, hal ini akan menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kehangatan dalam keluarga. Anggota keluarga tak harus lengkap, jika hanya ada ibu dan anak tidak masalah. Untuk ayah dan ibu perlu menciptakan waktu untuk komunikasi intens terkait rumah tangga dan pembicaraan masa depan setiap anggota keluarganya.

Membaca dan Belajar Bersama

Luangkanlah waktu untuk membaca dan belajar bersama keluarga, baik itu pendidikan agama, ilmu pengetahuan atau tugas-tugas sekolah dan hal lain yang berhubungan kegiatan sehari-hari. Karena dengan membaca dan belajar bersama dapat meningkatkan pegetahuan anggota keluarga dan baik untuk masa depan anak, dengan belajar bersama menjadikan rumah sebagai sekolah kecil untuk menimba ilmu tambahan. Sebagian kebahagiaan di dunia ini adalah memiliki keluarga yang bahagia dan harmonis ketika ilmu pengetahuan dalam gengaman.

Membagi tugas rumah tangga

Buatlah tugas bersama ketika semua anggota keluarga kumpul di rumah. Mulai dari memasak, bersih-bersih rumah, cuci piring, cuci baju hingga membersihkan kamar mandi. Hal ini untuk melatih kebersamaan dan kerja tim didalam hidup berumahtangga, selain itu akan menambah pengalaman anak-anak untuk hidup lebih mandiri dan rajin bekerja.

Piknik bersama keluarga

Untuk hidup bahagia baik di kantor dan di rumah hal yang harus diperhatikan adalah menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga. Terkadang, banyak suami sibuk bekerja dan lupa meluangkan waktu untuk keluarga, alasannya karena terlalu sibuk mengurusi pekerjaan dikantor. Oleh karena itu agar suasana dan kondisi keluarga dirumah bahagia dan sejahtera ada baiknya kepala keluarga mengajak semua anggota keluarga untuk rekreasi bersama, karena rekreasi menjadi solusi buat orang tua yang sibuk dan jarang berkomunikasi dengan pasangan dan anak-anaknya.

Komunikasi yang baik diantara anggota keluarga

Komunikasi adalah elemen paling penting dalam sesebuah rumah tangga. Dalam keluarga sangat dianjurkan untuk mengetahui cara-cara berbicara dan berinteraksi secara baik dan efektif. Terutama antara suami dan isteri, menjaga tingkah laku, kesopanan dan berbuat baik sesama keluarga adalah cermin keluarga yang sejahtera dan bahagia. Hal ini kerana seringkali terjadi salah paham diantara anggota keluarga sehingga tidak jarang, suami istri dapat bercerai dan anak-anak meninggalkan rumah

Itulah hal rutin yang harus anda lakukan dirumah karena dengan kebiasaan tersebut akan terjalin kerjasama antar anggota keluarga sehingga membuat kehidupan dalam rumah tangga menjadi aman, tentram dan bahagia serta harmonis. Semoga bermanfaat untuk kita semua sebagai bekal menjalani rumah tangga yang lebih bahagia.