Menghindari Stres di Tempat Kerja dan di Rumah

http://www.mamentrepreneures.com/wp-content/uploads/2015/09/a-stressed-business-woman-looks-tired-she-answer-telephones-in-her-office-780x300.jpg

Setiap orang bekerja dikantor memiliki resiko stres lebih tinggi dibandingkan pekerjaan lainya, karena pekerjaan kantor menyangkut data-data yang dapat membuat pusing kepala. Penyebab stres di kantor bisa berbagai macam, diantaranya rasa malas, menurunya motivasi kerja, menunda pekerjaan, persaingan ketat sesama teman kerja, atau konflik dengan atasan. Bisa juga karena bertengkar dengan teman kerja, merasa kurang motivasi, atau bosan menjadi karyawan tapi sulit menentukan sikap untuk resign dari pekerjaan. Apa pun penyebab stres anda, Anda dapat mencoba kiat-kiat mengatasi stres ditempat kerja berikut ini:

Bersyukur dan berdoa

Ketika anda berangkat kerja atau akan memulai pekerjaan dikantor, hal yang pailng utama dan pertama adalah berdoa, ucapkan rasa syukur karena diberi umur yang bermanfaat dan dapat bekerja, setelah itu berdoa agar apa yang akan dilakukan ketika bekerja mendapat pencerahan dan tuntunan dari Tuhan. Menurut penelitian psikologi cara yang ampuh untuk mengatasi stres adalah bersyukur. Rasa syukur akan membangkitkan sistem kekebalan psikologis Anda sehingga kebal terhadap masalah kecil atau besar yang terjadi didalam maupun diluar pekerjaan anda. Dengan kata lain, pikiran Anda akan positif sehingga yakin bahwa ada jalan keluar dari masalah yang membuat Anda stres. Karena tekanan-tekanan dalam pekerjaan ataupun tekanan hidup akan merubah anda menjadi pribadi yang lebih tangguh dan lebih matang.

Sholat Wajib berjamaah tepat waktu disertai dengan Sholat sunah ditambah dengan sedekah

Menjalankan Sholat wajib tepat waktu atau diawal waktu berjamaah dan ditambah dengan Sholat sunah diiringi dengan bersedekah akan menambah ketenangan hidup anda. Jangankan masalah dikantor, masalah dirumah ataupun masalah kehidupan akan dimudahkan oleh Allah SWT. Karena Allah SWT akan menjamin kehidupan seseorang yang senantiasa beribadah KepadaNya dan selalu ingat Kepada Nya. Sebesar apapun masalah atau tekanan kerja dan hidup akan nampak kecil jika anda sudah terbiasa beribadah KepadaNya. Dan efek dari itu semua anda akan nampak lebih segar, murah senyum dan tenang serta bahagia menjalani kehidupan.

Bermeditasi atau Menghirup nafas panjang

Bermeditasi sejenak, memfokuskan pikiran dan menenangkan diri dari kebisingan dikantor, dengan menghela nafas dalam-dalam lalu mengeluarkan lewat mulut. Tutup mata anda dan pusatkan pikiran saat mengeluarkan nafas. Lakukan aktivitas ini selama dua sampai tiga menit. Menarik nafas panjang akan membantu meredakan syaraf otak yang tegang. Selain itu, aktivitas mudah ini dapat meningkatkan fokus Anda.

Mencari hiburan dengan menonton video lucu

Jika tugas-tugas dikantor yang menumpuk membuat anda stres, anda dapat memaksakan diri tertawa dengan cara melihat video lucu di YouTube. Dan jangan membuka video yang berbau politik ataupun hoax yang dapat menambah aura negatif pikiran. Apa pun alasanya, tertawa akan melepaskan hormon endorfin dan dopamin di otak anda, hormon tersebut membuat seseorang bahagia. Ketika anda merasa bahagia, dengan sendirinya stres akan menghilang dan anda dapat bekerja dan beraktivitas sesuai tugas-tugas dan rutinitas dikantor dengan normal.

Mendengarkan musik favorit

Hampir sebagian besar orang di dunia memiliki kegemaran mendengarkan musik, selain untuk menenangkan pikiran musik bisa untuk meredakan stres. Dengan mendengarkan musik atau bermain musik dan mungkin menyanyi anda akan menemukan obat mujarap untuk menghilangkan stres menghadapi tekanan kerja dan tekanan hidup. Pilihlah musik santai dan bernada indah dari musisi-musisi lokal dan mancanegara. Selain itu, dengan mendengarkan lagu favorit, Anda akan sedikit tenang dan rileks.

Istirahat sejenak

Stres bisa karena jadwal waktu yang padat bekerja dan beraktivitas. Oleh sebab itu, anda bisa beristirahat sejenak selama 5 – 15 menit disaat jam istirahat kantor, karena menurut penelitian orang yang melakukan istirahat atau tidur siang selama 5-15 menit akan menambah daya tahan dan mudah fokus menjalani aktivitas dan bekerja sehari-hari. Selain itu tidur siang dapat melatih anda bangun lebih pagi di esok hari, sebelum shubuh sehingga dapat menjalankan sholat sunah dan sholat shubuh berjamaah di masjid.

Pergi Piknik

Jika hari-hari anda bekerja dikantor selalu sibuk dan penuh tekanan, dan anda tidak bisa memaksimalkan kinerja otak anda itu berarti anda kurang piknik. Anda perlu mencoba berlibur atau berakhir pekan dengan mengunjungi tempat-tempat seru untuk menyegarkan pikiran dan badan. Tempat seru dan menantang dapat membuat anda tidak gampang stres dan menumbuhkan pikiran positif, kreatif dan wawasan luas.

Menghilangkan stres di tempat kerja tidak susah seperti yang dibayangkan. Anda dapat memilih salah satu cara di atas yang sesuai dengan situasi dan kondisi Anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *